Apa Itu OOTD (Outif Of The Day) dan Macam-macamnya

apa itu ootd
Beberapa contoh OOTD keren (Foto: Pinterest)

Apa arti OOTD? OOTD adalah kepanjangan dari Outfit of The Day. Dalam bahasa Indonesia, OOTD adalah berhubungan dengan pakaian atau gaya apa yang dikenakan hari ini.

OOTD adalah salah satu bahasa fashion yang kekinian. Meski begitu, kini OOTD tak sekadar bagian dari fashion.

Memahami, OOTD adalah konotasi yang juga mengarah pada sebuah gaya, trendi, dan hal dipadu-padankan dengan baik. Dalam laman resmi Dictionary, OOTD adalah bagian dari gaya hidup.


OOTD adalah Outfit Of The Day


ootd itu apa

Kepanjangan OOTD adalah Outfit of The Day. OOTD adalah singkatan yang menunjukkan kepada orang lain apa yang sedang dikenakan. OOTD adalah istilah yang biasa digunakan dalam konteks fashion blogging

Apa saja yang termasuk bagian dari outfit? Outfit adalah istilah bahasa Inggris yang bermakna pakaian. Outfit adalah sesuatu yang dipakai untuk menutupi tubuh seperti baju, celanan, rok, ikat pinggang, topi, kacamata, sepatu, dan masih banyak lagi.

“OOTD adalah nama lain dari WIWT (What I Wore Today) dan digunkan dalam konteks mode bagi seseorang untuk menunjukkan kepada orang lain apa yang mereka kenakan,” dijelaskan He Spoke Style, pada Minggu (16/1/2022).

Popularitas penggunaan istilah OOTD adalah merujuk pada foto aktual dan terkini yang diposting di media sosial seperti Instagram. OOTD adalah salah satu bahasa fashion yang kekinian.

Kini, istilah OOTD adalah bisa dimaknai lebih dari sekadar apa yang dikenakan hari ini. OOTD adalah konotasi yang juga mengarah pada sebuah gaya, trendi, dan hal dipadu-padankan dengan baik.

Macam-macam OOTD


apa ootd itu
OOTD Vintage, salah satu macam OOTD (Foto: IDN Times)

Ada banyak sekali macam-macam OOTD yang populer. Macam-macam OOTD itu menunjukkan sebuah nilai. Bagaimana penjelasannya? Ini macam-macam OOTD yang di lansir dari berbagai sumber:

1. Haute Couture


Haute Couture adalah berasal dari istilah bahasa Prancis, yang memiliki arti sebagai pakaian yang berkelas, karena pakaiannya terbuat dari bahan dengan kualitas tinggi, dan dijahit dengan tangan dan detail yang sangat teliti.

2. Sophisticated


Sophisticated adalah yang biasanya digunakan untuk menyebut gaya fashion berkelas, yang menunjukkan status, keistimewaan dan keunggulan. Sophisticated adalah memiliki tampilan yang sempurna dan selalu menarik perhatian.

3. Outer


Outer adalah digunakan untuk menyebut pakaian luaran untuk membuat penampilan lebih fashionable, seperti rompi, jaket, blazer, mantel, kardigan dan lain sebagainya.

4. Chic


Chic adalah dalam dunia fashion, diambil dari kata chique yang berasal dari bahasa Prancis. Istilah Chic adalah memiliki arti gaya pakaian yang modern, dengan memadu padankan pakaian tanpa mengikuti tren.

5. Monochrome


Istilah Monochrome atau monokrom  adalah sering diartikan sebagai perpaduan warna pakaian yang cenderung hitam dan putih. Di masa sekarang, warna monokrom juga dipadukan dengan warna abu-abu atau silver.


6. Oversized


Oversized adalah mulai populer sejak banyak Idol dari Korea yang menggunakan gaya ini. Oversized adalah gaya fashion yang menggunakan pakaian lebih besar dari ukuran badan. Istilah oversized adalah bisa disamakan dengan gaya pakaian yang kebesaran.

7. Layering


Di saat musim dingin atau musim hujan, layering adalah sering diterapkan dalam dunia fashion. Istilah layering adalah memiliki arti menumpuk pakaian. Sebagai contohnya, menumpuk kaos dengan hoodie, lalu menggunakan outer jaket jeans.

8. Streetwear


Istilah yang selanjutnya adalah streetwear. Streetwear adalah fashion khas jalanan, yang hampir sama dengan pakian kasual. Streetwear adalah fashion yang digunakan untuk jalan-jalan atau hangout, dengan gayanya yang santai tapi tetap fashionable.

9. Vintage


Istilah fashion yang paling sering disebut adalah Vintage. Vintage adalah digunakan untuk menyebut mode pakaian ala tahun 20an hingga 60an, yang memberikan kesan zaman dahulu. Fashion Vintage adalah masih populer hingga sekarang.

10. Retro


Sering kali istilah Retro disamakan dengan istilah Vintage. Padahal istilah Retro  adalah memiliki makna yang berbeda dengan Vintage. Istilah Retro diambil dari kata retrospektif yang artinya memodifikasi gaya sekarang dengan inspirasi fashion zaman dulu.

11. Edgy


Istilah Edgy adalah memiliki makna yang tajam dalam dunia fashion, yang cenderung memadukan warna hitam dan merah sebagai warna pakaian, agar orang yang menggunakan Edgy style ini terlihat lebih galak dan unik.


12. Casual


Casual adalah selalu menjadi mode populer di kalangan anak muda, karena gaya casual ini identik dengan pakaian santai, seperti menggunakan kaos dengan celana pendek dan sepatu sandal, yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

13. Classy


Classy adalah dalam dunia fashion, cenderung mengarah dalam artian penampilan yang elegan dan terlihat berkelas. Walaupun gaya Classy ini selalu dikaitkan dengan barang yang branded.


Demikian artikel tentang apa itu OOTD dan macam-macamnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya. Jangan lupa untuk melihat artikel OOTD lainnya yang akan menambah referensi anda untuk berpergian. Terima Kasih.

Komentar

Posting Komentar